Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 November 2013

Video Game Tingkatkan Kecerdasan Otak

BERLIN - Sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa bermain video game bisa meningkatkan kecerdasan otak manusia. Berdasarkan penelitian, video game bisa meningkatkan kecerdasan otak yang terkait dengan keterampilan, motorik, memori, perencanaan strategis, dan navigasi spasial.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Max Planck Institiute for Human Development dan Charite University Medicine mengatakan video game secara langsung dapat memengaruhi struktur otak yang terlibat dalam proses saat bermain video game.

Simone Kuhn, seorang ilmuwan dari Max Planck Institute for Human Development, menjelaskan daerah tertentu di otak dapat dilatih dengan cara bermain video game. "Penelitian ini dapat menunjukkan secara langsung hubungan kausal antara video game dengan peningkatan volume otak," kata Kuhn seperti dilansir dari Softpedia, Minggu (10/11/2013).

Menurut Kuhn, pada dasarnya video game bisa melatih secara intensif beberapa area otak. Sebagian otak bekerja baik mengikuti cara permainan dari sebuah video game. Hal ini dibuktikan dari survei yang dilakukan terhadap 23 orang dewasa yang bermain game Super Mario 64 selama setengah jam, setiap hari selama dua bulan.

Dan hasilnya, peningkatan materi otak terlihat pada tiga wilayah, yakni pembentukan hippocampus kanan, korteks kanan, dan otak bilateral. Menurut para peneliti, hasil ini bisa menjadi solusi untuk pengobatan penyakit yang bermasalah pada memori. Penyakit degeneratif Alzheimer yang penderitanya sering lupa, bisa ditingkatkan daya ingatnya dengan cara bermain video game.

Sumber: okezone.com
follow us: @senggewsenggew
Like Us: facebook.com/senggewsenggew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Total Tayangan Halaman