Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 20 November 2013

Lucid Dream, Jelajah Dunia Mimpi Tanpa Batas

Pernah denger istilah "lucid dream, gak"? "Lucid dream" adalah kondisi dimana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi. Nah, ternyata "lucid dream" ini membuat kita dapat mengontrol mimpi. Wow! Kita bisa menentukan sendiri tokoh-tokoh dalam mimpi kita dan alur ceritanya, jadi kita adalah sutradara dalam mimpi kita sendiri.
Istilah "lucid dream" pertama kali dicetuskan oleh psikiater dan penulis asal Belanda, Frederick (Willem) van Eeden. Sebenarnya"lucid dream" bukanlah hal yang baru di era modern, pada abad ke-8 Orang Buddha di Tibet dan Bonpo telah mempraktekkan Dream Yoga yang dilakukan untuk mempertahankan kesadaran saat berada dalam mimpi. Hal ini dijelaskan dalam buku “Dream Yoga and the Practice of Natural Light”.
Lucid dream ada dua macam, yaitu "Dream""Initiated Lucid Dream "(DILD)dan" Wake Initiated Lucid Dream "(WILD). DILD merupakan kondisi dimana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi di tengah-tengah mimpi tersebut dan biasanya bersifat kebetulan. Sedangkan WILD merupakan keadaan "lucid dream" yang disengaja dan dapat dilatih. Orang yang dapat bebas menjelajahi mimpi disebut "oneironaut". Ada beberapa tokoh sejarah yang tercatat sebagai" oneironaut". Salah satunya adalah Richard Feynman, peraih nobel fisika yang terkenal karena berhasil menemukan mengapa "Shuttle Challenger" meledak.
Ada banyak manfaat "lucid dream" selain untuk bersenang-senang, salah satunya untuk melatih hal-hal yang belum kita kuasai di dunia nyata. Misalnya nih, kita di dunia nyata belum bisa berenang, kita bisa latihan di "lucid dream" dan lama-lama di dunia nyata pun kita jadi lebih mahir berenang. "Lucid dream" juga bisa membantu kita menyelesaikan masalah kita di dunia nyata. Kita bisa curhat sama alam bawah sadar kita tentang masalah kita dan alam bawah sadar kita akan menjawabnya. "Lucid dream" juga bisa untuk mengatasi fobia atau berbagai macam rasa takut yang lain, meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri.
"Lucid dream" juga dapat menjadi sumber inspirasi untuk karya kita. Contoh hasil karya yang terinspirasi oleh "lucid dream"adalah film Avatar. Film ini dibuat dalam"lucid dream"-nya James Cameron. Coba perhatiin deh, alur dan "setting" film ini mirip banget sama "lucid dream". Film lain yang bercerita tentang "lucid dream" adalah Vanilla Sky dan Inception. Jadi, apakah kamu juga tertarik untuk membuat mimpimu sendiri?

Sumber: Sains.me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Total Tayangan Halaman