Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 04 November 2013

Ini Rahasia Laba-Laba tak Terperangkap Jaringnya Sendiri


Apakah di rumahmu ada jaring laba-laba yang menempel di dinding atau langit-langit? Ngomong-ngomong tentang jaring laba-laba, tahukah kamu bagaimana mereka membuatnya? Laba-laba yang termasuk dalam kelompok hewan arachnida ini membuatnya dari benang-benang sutra yang keluar dari bagian perutnya. Ada kelenjar-kelenjar di bagian dalam perutnya yang berfungsi mensekresikan benang sutra ini. Hebatnya, bagaimana mereka bisa tidak terjebak dalam sarangnya sendiri, sementara hewan lain akan terjebak di dalamnya? Ada baiknya kita simak uraian berikut ini.
Jaring laba-laba tersusun atas benang sutra yang bermacam-macam jenisnya, ada yang lengket dan ada yang tidak lengket. Benang-benang yang berupa garis lurus seperti jari-jari yang keluar dari pusat jaring laba-laba bersifat tidak lengket, sedangkan benang-benang yang membentuk lingkaran atau spiral pada jaring laba-laba merupakan benang yang lengket. Ketika ada serangga lain yang menyentuh jaring laba-laba, maka ia akan menyentuh bagian yang lengket ini. Kemudian laba-laba akan melewati bagian yang tidak lengket untuk memangsanya. Bagaimana laba-laba melewati benang yang tak lengket ini?
Laba-laba memiliki dua sampai tiga cakar khusus berukuran kecil pada ujung setiap kakinya yang dapat digunakan untuk mengambil untaian jaring laba-laba. Dengan cara ini, laba-laba dapat bergerak dengan cepat melalui jaring tanpa terjebak. Salah satu cakar laba-laba memiliki area khusus yang digunakan untuk mengaitkan untaian jaring. Laba-laba dapat menggunakan cakar khusus untuk berayun dari untaian ke untaian lainnya tanpa harus menyentuh bagian lengket dari jaring. Selain itu, banyak laba-laba mempunyai gumpalan rambut pendek dan padat yang disebut scapulae yang terletak di antara cakar. Akhir dari setiap rambut bercabang ke rambut-rambut kecil sehingga mirip seperti sikat. Rambut ini dapat menyerap kelembaban dan membuat kaki laba-laba seperti diberi perekat. Dengan kaki ini laba-laba bisa berjalan melalui permukaan yang halus seperti kaca. Beberapa ilmuwan juga berpendapat bahwa laba-laba memiliki jenis minyak tertentu pada tubuhnya. Minyak ini membuat laba-laba tidak menempel pada jaringnya dan membantu untuk menghentikannya terjebak dalam jaring sendiri.
Namun jika mereka selip atau jatuh, mereka memang bisa jatuh ke dalam jaring mereka sendiri, namun hanya dalam beberapa kasus saja laba-laba dapat tergelincir. Hebatnya lagi, laba-laba juga bisa membedakan getaran di jaring yang dibuat oleh seekor lalat, serangga, sebuah lebah berbahaya, atau bahkan sesuatu yang tidak berguna, seperti daun atau ranting.

Sumber : SainsMe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Total Tayangan Halaman