Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 16 November 2013

Manfaat Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak

Perlukah mencuci daging ayam sebelum dimasak? 



Selama ini mencuci bahan masakan sebelum dimasak adalah hal yang pasti dilakukan oleh banyak orang. Mencuci bahan masakan dipercaya bisa membersihkan bahan masakan dari kotoran, bakteri, serta kuman yang membahayakan kesehatan. Namun rupanya hal ini tak berlaku pada daging ayam.
Peneliti Jennifer Quinlann, PhD dari Drexel University mengungkap bahwa mencuci daging ayam sebelum memasak justru bisa merugikan. Sekitar tiga sampai 13 persen daging ayam menjadi 'rumah; bagi bakteri salmonella. Sekitar 70 persen ayam bahkan mengandung bakteri campylobacter, seperti dilansir oleh You Beauty(10/10).
Ayam bisa menjadi 'rumah; dari bakteri patogen tanpa merasa sakit. Namun bakteri tersebut bisa membuat manusia sakit. Ketika dijual, bakteri patogen tersebut akan menempel pada kulit, bagian dada, bagian kaki, dan sayap ayam. Masalahnya, bakteri ini tak bisa begitu saja berpindah tempat. Mereka butuh 'kendaraan' yaitu tangan Anda yang sedang membersihkan daging ayam dan air yang digunakan untuk mencucinya.


Air bisa menjadi salah satu medium bagi bakteri untuk menyebar. Karena itu waspadai air yang terciprat ke baju, tempat mencuci piring, atau ke bahan makanan lainnya ketika Anda mencuci daging ayam. Lantas, apakah tanpa mencuci ayam, bakteri bisa hilang?
Quinlann menjelaskan bahwa memasak ayam hingga temperatur 165 derajat bisa membunuh bakteri berbahaya. Itulah cara Anda untuk menghindari bakteri tanpa harus terlebih dulu menyebarkannya ke tempat lain dengan cara mencucinya.
Akan sangat baik jika Anda langsung menyiapkan ayam tanpa harus menyentuhnya. Anda bisa langsung memasukkan dan memasaknya dari bungkusan. Jika harus menyentuhnya atau menggunakan pisau untuk memasaknya, pastikan Anda mencuci dan membersihkan tangan hingga bersih dengan air hangat dan sabun. Untuk alat rumah tangga, Anda juga bisa menggunakan air panas agar langsung membunuh bakteri.

Sumber: merdeka.com
follow: @senggewsenggew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Total Tayangan Halaman