Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 November 2013

Lima Cara Sederhana Tidur Nyenyak

MEMILIKI kebiasan tidur malam yang baik adalah cara terbaik menghindari stres. Selain itu, cara ini juga baik meningkatkan kesehatan otak dan tubuh. 
Para peneliti telah menemukan bahwa tidur malam yang nyenyak dapat mengubah penanda dari peradangan darah. Para ilmuwan di University of Pittsburgh menemukan bahwa orang yang kesulitan tidur atau mendengkur keras lebih mungkin mengalami sindrom metabolik. Ini merupakan kondisi yang berhubungan dengan peradangan kronis dan menempatkan otak, serta tubuh kita pada risiko penyakit.
 
Oleh karena itu, memeroleh tidur malam yang baik merupakan cara penting mengatasi stres, mengurangi peradangan kronis, dan meningkatkan kesehatan pikiran Anda. 

Berikut ini beberapa cara memeroleh tidur malam yang nyenyak menurut Profesor Gary Small, M.D, seperti dilansirNewsmaxhealth.
 
Jangan tidur siang
 
Ini merupakan salah satu cara terhindar dari insomnia atau kesulitan tidur di malam hari, yaitu jangan biasakan tidur siang. Tetap terjaga pada siang sampai sore hari akan membuat Anda mengantuk di malam hari.
 
Rileks sebelum tidur 
 
Berolahraga atau menonton film menakutkan cenderung membuat Anda kesulitan tidur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba membaca buku atau menonton acara televisi yang lebih tenang. Tujuannya membuat diri Anda dalammood untuk beristirahat.
 
Batasi asupan cairan 
 
Minum secangkir teh atau beberapa gelas air akan mengisi kandung kemih, sehingga membuat Anda terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi. Biasanya bila sudah terbangun di tengah malam, Anda akan sulit untuk kembali tidur.
 
Hindari kafein
 
Kafein adalah stimulan dan hadir tidak hanya pada kopi, tetapi juga teh dan cokelat. Minum-minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan Anda terjaga hingga tengah malam dan mengalami kesulitan tidur.
 
Lakukan rutinitas ringan
 
Pilih waktu tidur yang tetap setiap malam, kemudian cobalah tidak menonton televisi atau membaca buku, tetapi cukup mematikan lampu dan berbaring. Jika Anda tidak tertidur setelah 20 menit, bangunlah dan melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa lelah kembali. Setiap kali Anda kembali ke tempat tidur, cobalah fokus untuk tidur dan mengatur ritme pernapasan yang stabil.

Sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Total Tayangan Halaman