Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 25 Oktober 2013

Astronom Temukan Bintang Terbesar


Bintang terbesar yang pernah ditemukan para peneliti. Ini diharapkan dapat memberikan para ilmuwan pemahaman yang lebih baik tentang besarnya bintang itu, planet berbatu, bahkan kehidupan. 

Seperti dilansir Space.com, bintang yang dinamakan W26 memiliki ukuran 1.500 kali lebih besar dari Matahari. Ini menjadikannya sebagai bintang yang terbesar di alam semesta yang pernah diketahui. Superbintang merah ini tengah mendekati akhir hidupnya dan akan meledak sebagai supernova. 



"Bintang dengan massa puluhan kali lebih besar daripada matahari hidup sangat pendek dan dramatis dibandingkan dengan bintang yang kurang besar," kata para pejabat Royal Astronomical Society (RAS) di Inggris. Beberapa bintang paling massif memiliki daya tahan kurang dari beberapa juta tahun sebelum mereka menguras bahan bakar nuklir mereka dan meledak sebagai supernova. 

Para astronom menggunakan Very Large Telescope Survey Telescope (VST) milik European Southern Observatory di Cile untuk mempelajari gugus bintang terbesar di galaksi Bima Sakti, termasuk W26.



Sumber : Opini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Total Tayangan Halaman